Tentang Kami

 

Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia adalah organisasi yang memiliki sifat :

Bebas, merdeka dan Nirlaba

Mandiri

Kebangsaan dan Kemanusiaan, bukan organisasi keagamaan, bukan organisasi politik dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik.

Sejarah lahirnya Organisasi PCTA Indonesia

Berawal dari prakarsa Kyai Muchammad Muchtar Mu’thi untuk menyelenggarakan seminar warisan Mpu Tantular, kitab “SUTASOMA” . Di kitab Sutasoma ini termaktub kata-kata yang diabadikan dalam lambang negara Indonesia yaitu, ” Bhinneka Tunggal Ika “,  “Berbeda beda tapi satu jua”. 

Kemudian prakarsa ini ditindak lanjuti oleh Pesantren Majma’al Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman Shiddiqiyah, desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang dan diselenggarakan ” Seminar Sutasoma Dalam Konteks Peningkatan Cinta Tanah Air “, Kamis 20 Juli 2006 di RM Yusro Jombang.

Pengarah seminar diantaranya adalah Bapak Wadi Sutikno, Soeyono Sukemi, Dewa Nyoman S Hartana, Soeparman dan pembicara di seminar tersebut adalah Drs. Aris Soviani.,MHum (KaDis Purbakala Trowulan), Dr. Achmad Fauzi.,SH (Komisi 3 DPR RI) dan Ir Edi Setiawan.,SE.  Hasil dari seminar tersebut, dibentuklah Tim Perumus yang terdiri dari , Drs. Aris Soviani, Wadi Sutikno, Mochammad Munif, Ki Wisnu, Ir.Edi Setiawan., SE dan Drs.Kustomo.

Tim perumus seminar dengan beberapa peserta seminar melakukan 12 kali pertemuan dalam kurun waktu 3 tahun ( Agustus 2006 – Februari 2009 ) di rumah Bejijing, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Juga dilakukan Silaturahmi Lintas Agama selama 2 kali pada bulan Desember 2006 dan Maret 2009.

Di dalam 12 kali pertemuan itulah disepakati Struktur Organisasi, Lambang Organisasi, serta nama organisasi yaitu Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan. Dan perumusan Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah Tangga Organisasi.

Organisasi PCTA Indonesia ini, dideklarasikan pada tanggal 21 Maret 2010 di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.